Selasa, 20 Juni 2023

MENGATASI SIFAT TIDAK PERCAYA DIRI (MINDER)

 



MENGATASI SIFAT TIDAK PERCAYA DIRI (MINDER)

Perasaan tidak percaya diri atau minder sering kali terjadi pada seseorang. Tidak percaya pada kemampuan diri sendiri merupakan salah satu penyebab sifat minder. Rasa minder bisa terjadi ketika kemampuan orang lain lebih unggul dibanding kemampuan diri sendiri. Padahal, jika kita mampu mengolah perasaan tersebut ke dalam bentuk positif, justru akan memberi dorongan atau motivasi untuk berusaha lebih baik lagi dari sebelumnya. Hal tersebut sejalan dengan pernyataan Alfred Adler yang mengatakan bahwa perasaan rendah diri bisa menjadi motivasi yang sehat.

Adapun tips untuk mengatasi perasaan rendah diri di antaranya:

1.     Menemukan kelebihan

Setiap orang pasti memiliki kelebihan tersendiri. Namun, hal tersebut sangat jarang disadari. Salah satu cara mengatasi sifat minder adalah menemukan kelebihan pada diri. Temukan kelebihan yang dimiliki kemudian kembangkan menjadi lebih baik dan maksimal.

2.     Membatasi waktu menggunakan sosial media

Di era saat ini, penggunaan sosial media menjadi hal dominan yang kita lakukan di aktivitas sehari-hari. Tanpa disadari, penggunaan sosial media dalam waktu yang cukup lama dapat menyebabkan hal negative, salah satunya adalah perasaan minder. Tentu kita akan melihat postingan teman dunia maya berupa pamer pencapaian, harta, kemewahan, dan lain sebagainya, kemudian membandingkan dengan diri sendiri.

3.     Menangani kelemahan

Selain memiliki kelemahan, setiap manusia pun memiliki kelemahan. Merupakan hal wajar jika kita mempunyai kelemahan dalam diri sendiri, sejatinya tidak ada manusia yang tidak mempunyai kelemahan. Sehingga, perlu bagi kita untuk menyadari kelemahan kemudian berusaha mencari solusi untuk menanganinya. Hal tersebut dapat membuat diri kita menjadi lebih baik.

4.     Bergaul dengan orang yang positif

Pergaulan akan memberi dampak yang luar biasa terhadap diri kita. Bergaul dengan orang yang positif akan memberi pengaruh positif juga ke dalam diri. Orang yang positif akan memberi banyak pelajaran untuk kita mengembangkan diri lebih baik.

5.     Merawat diri

Kepercayaan diri akan timbul ketika kita merasa mempunyai fisik yang terawat. Fisik yang bagus bukan melulu harus putih, tinggi, dan langsing. Akan tetapi, dengan merawat diri, badan akan lebih sehat dan bugar sehingga memacu melakukan hal positif dalam sehari-hari.


by : Shobahatun Nisa

0 komentar:

Posting Komentar

kontak

TENTANG KAMI

Ruang Digital Bimbingan Konseling merupakan platform yang didedikasikan untuk Layanan Bimbingan dan Konseling di Sekolah. Ruang Digital Bimbingan Konseling menyediakan banyak fitur yang akan menjadi alat bantu Konselor Sekolah/Guru Bimbingan dan Konseling

Alamat:

Jl. Pawiyatan Luhur IV No.16 Kec. Gajahmungkur, Kota Semarang.

Waktu:

senin-jumat 08.00-16.00

telepon:

123 456 789 1010

Diberdayakan oleh Blogger.